Senin, 07 Desember 2015

Kurikulum 2013 Matematika

Kurikulum 2013 Menambah Jam Pelajaran Matematika
            Kurikulum 2013 adalah kurikulum tentang diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan KTSP yang telah berlaku kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaannya pada tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi sekolah percobaan.
            Pada tahun 2014, kurikulum 2013 diterapkan di kelas I, II, IV, dan V, sedangkan untuk SMP kelas VII dan VIII, dan SMA kelas X, dan XI.
            Kurikulum 2013, memiliki 3 aspek penilaian yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap, dan perilaku. Didalam kurikulum 2013, terutama didalam pelajaran terdapat matrei yang di rampingkan dan materi yang ditambahkan. Materi yang dirangkumkan terlihat terdapat dalam materi bahasa Indonesia, PPKN, IPS, dan lain sebagainya. Sedangkan matrei yang ditambah adalah matematika.
            Materi pelajaran tersebut (terutama matematika) disesuaikan dengan materi pembelajaran standar internasional, sehingga pemerintah berharap dapat menyeimbangkan didalam negeri dengan pendidikan luar negeri.
            Disini peran guru menfungsikan kelas sebagai miniatur kehidupan nyata dengan memanfaatkan berbagai sumber media cetak, elektronik, internet, dan teknologi di sekolah. Guru professional yang berada pada masyarakat abad 21 dengan mudah mengakses informasi lewat dunia maya dilampirkan mengangkat fenomena rendahnya mutu pendidikan. Guru yang professional akan membelajarkan peserta didik untuk memiliki ilmu pengetahuan teknologi, berprestasi, dan beretika.

            Kurikulum 2013 menghendaki karakteristik masyarakat pada abad 21 mampu menghadapi tantangan melalui pembelajaran dan memiliki kemampuan bersaing dengan bangsa lain. Tantang bagi guru professional menghadapi globalisasi adalah membelajarkan peserta didik sesuai zamannya berbingkai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menanamkan sikap disiplin, kreatif, inovatif, dan kompetitif melalui pendekatan signifikasi kurikulum 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar