Senin, 21 Desember 2015

Contoh Skenario Pembelajaran

SKENARIO PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT











Di susun oleh:
Nama :  Restu Yashinta Kinanti
NIM :  222141537





PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN
UNIVERSITAS SULTAN AGUNG TIRTAYASA
2015 
Topik : Bilangan bulat
Kompetensi dasar : Siswa memahami pengertian bilangan bulat dan memahami operasi bilangan bulat
Indikator hasil belajar :
 Siswa dapat menjelaskan pengertian bilangan bulat
 Siswa dapat menjelaskan letak bilangan pada garis bilangan
 Siswa dapat menjelaskan cara mehitung pada bilangan bulat baik penjumlahan, pengurangan, perkalian maupun pembagian
Proses pembelajarannya
i. Pendahuluan
a. Guru menyiapkan kondisi siswa untuk siap belajar.
b. Guru mengucapkan salam
c. Guru dan siswa membaca do’a
d. Guru memberikan appersepso:
Guru menyuruh anak untuk menyebut berurutan 1, 2, 3, 4, ...
Guru bertanya apakah 1, 2, 3, 4, ... adalah bilangan?
e. Guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran
f. Guru mengajukan pertanyaan:
“bagaimana cara menyelesaikan operasi bilangan bulat, dan apa bedanya bilangan bulat dengan bilangan lainnya?”
ii. Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah
iii. Tiap kelompok ditugaskan untuk melakukan pengamatan peristiwa/kejadian/fenomena/konteks atau situasi yang berkaitan dengan penggunaan bilangan bulat.
iv. Kegiatan inti
a. Siswa mengamati fenomena, peristiwa, kejadian, konteks atau situasi yang berkaitan dengan bilangna bulat, seperti temperatur atau suhu berbagai benda, ketinggian pohon dan sebagainya.
b. Siswa menanyakan hal-hal penting yang diperoleh selama kegiatan mengamati berlangsung
c. Siswa mengidentifikasikan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif pada garis bilangan
d. Guru memamaparkan garis bilangan, lalu anggota kelompok bergantian mengambil undian dalam kotak yang berisi bilangan-bilangan kemudian menyebutkannya serta menunjukkan bilangan tersebut pada garis bilangan yang telah tersedia
e. Pada kelompok yang lain, anggota 1 dan anggot 2 mengambil bilangan pada kotak yang disediakan, kemudian dikerjakan sesuai dengan pengoprasiannya dan disebutkan hasilnya, kemudian ditunjukkan pada garis bilangan.
f. Guru mengajukan soal, masing-masing kelompok berdiskusi dalam mengerjakannya kemudian kelompok yang tercepat bisa mengerjakan kedepan dengan benar di beri hadiah
g. Apa bila masih ada hasil kerja yang belum benar, didiskusikan secara klasikal
h. Guru bersama siswa bertany jawab meluruskan kesalah pahaman, memberi penguat dan kesimpulan
v. Penutup
a. Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran sebagai pemantapan pengetahuan siswa
b. Guru memberikan pekerjaan rumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar